Manfaat Dan Khasiat Blueberry Bagi Tubuh

Blueberry memang memiliki kandungan berbagai zat gizi seperti mineral (mangan, kalsium, fosfor, besi, kalium, dan seng), vitamin B1, B2, B3, dan B6, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, serta karbohidrat dan lemak. Berdasarkan data, Blueberry memiliki kandungan mangan sebesar 25%, dan vitamin K 32% untuk nilai DV-nya (daily value atau angka nutrisi yang dibutuhkan per harinya), sedang vitamin C sebesar 19%. Nilai DV di atas 20% dikategorikan sebagai high sources.

Selain itu, Blueberry juga mengandung antosianin, suatu pigmen tanaman yang bersifat antioksidan. Telah dibuktikan bahwa kandungan antosianin, proantosianidin, resveratrol, flavonol, dan tanin yang terkandung dalam buah blueberry mampu menghambat perkembangan sel kanker dan inflamasi (radang) secara in vitro. Berikut manfaat dan khasiat Blueberry untuk kesehatan tubuh anda:

Mencegah Penuaan Dini
Antioksidan dalam blueberry ternyata dapat mencegah efek penuaan dini, serta melindungi tubuh anda dari penyakit seperti kanker dan jantung kronis. Antioksidan yang terkandung di buah ini ternyata berfungsi mencegah kerusakan sel dengan jalan menetralisir radikal bebas, dan membantu menjaga tubuh dari banyak penyakit. Selain itu, buah ini juga bisa mencegah peradangan, yang dikenal sebagai penyebab penyakit terkait usia seperti penyakit Alzheimer dan penyusutan otak. Termasuk didalamnya yang membantu untuk manfaat ini adalah kandungan serat dan vitamin E.

Menyehatkan Otak
Blueberry merupakan makanan otak alami, serta bisa membantu mengembalikan kehilangan memori jangka panjang, serta kondisi lain yang terkait dengan penuaan. Antioksidan juga membantu kemampuan motorik.

Meningkatkan Fungsi Pencernaan
Kehadiran tembaga, natrium, berbagai asam, fruktosa, dan vitamin dalam buah blueberry membantu dalam mengurangi sembelit.

Menjaga Kondisi Penglihatan
Kandungan vitamin A yang terdapat di blueberry, ternyata sangat baik untuk mencegah kebutaan diusia tua. Menurut litertur pada PD 2, Angkatan Udara Inggris pernah mengalami masalah pada penglihatan dimalam hari. Lalu, pimpinan Angkatan Udara Inggris memberikan komando untuk mengkonsumsi buah Blueberry. Ternyata para pasukan mengalami peningkatan pada penglihatan dan cepat melakukan penyesuaian dikegelapan malam hari.

Mencegah Kanker
Kandungan antosianin, resveratrol, flavonol, tanin yang terdapat di Blueberry ternyata dapat membantu untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Hal ini teruji pada salah satu studi yang dilakukan di laboratorium bahwa, kandungan Blueberry dapat mencegah kanker usus besar dan kanker ovarium hingga 50%. Selain itu, Blueberry juga sangat bagus untuk seorang wanita yang sedang melakukan diet, karena dengan mengkonsumsi Blueberry kanker ovarium yang hanya terjadi pada wanita pada dicegah.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Blueberry diketahui mengandung antioksidan yang lebih banyak dibandingkan dengan buah segar lainnya. Antioksidan memiliki peran dalam membantu menguatkan sistem imun dengan menetralisir radikal bebas. Sebagin besar antioksidan dalam buah Blueberry adalah antosianin, pigmen yang bertanggung jawab terhadap warna biru blueberry.

Menurunkan Lemak Berlebih
Blueberry juga mengandung polyphenol yang bermanfaat dalam menurunkan lemak berlebih di sekitar perut serta juga dapat membantu mengatasi permasalahan pada metabolisme tubuh. Buah ini sangat cocok untuk menemani program diet yang sedang dilakukan karena kandungan kalorinya yang rendah.

Diabetes
Studi penelitian telah menunjukkan bahwa asam klorogenat yang terdapat dalam buah ini bisa membantu menurunkan kadar gula darah dan kadar glukosa dalam darah, sehingga bagus untuk memanajemen diabetes melitus type 2/

Manfaat Kandungan Mineral
Dalam hal mineral, Blueberry menyediakan jumlah yang cukup baik dari kalium, mangan, tembaga, zat besi dan zinc. Kalium merupakan unsur yang paling penting dari sel dan cairan tubuh, yang membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah. Mangan dipergunakan oleh tubuh sebagai kofaktor untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase. Tembaga dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah, dan zat besi diperlukan untuk pembentukan sel darah merah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar